Sabtu, 24 Agustus 2013

Prasangka





             

           Judul ini sih sebenernya hasil perenungan saya beberapa menit lalu, segera saja saya tulis biar ngak lupa. Mengingat kejadian yang sering menguras kesabaran dan air mata *ceilah* tapi bukan sampai menguras bak mandi, itu beda ceritanya :D

            Gini yahh, temen-temen sering kan ketemu orang yang entah kenapa berasa ‘judes’ banget sama kita, padahal kita ngerasa gak punya salah apa-apa. Gak enak banget yaa rasanya digituin? Kitanya juga jadi serba salah kan? Atau sering juga kan ketemu orang yang ‘cuek’ banget, kitanyaaa udah berusaha untuk baik banget tapi responnya ngak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Aduh ampunnn deh nyebelin banget rasanya digituin.

            Ini loh pesan guru saya dulu, kalo ada kelakuan orang lain yang bawaannya pengen buat kita berprasangka buruk aja, fikirkan dulu berpuluh-puluh kemungkinan kenapa orang itu bisa begitu, kemungkinan yang baik-baik tapinya.

            Misalnya kita ketemu temen kita yang entah kenapa berasa judes banget sama kita pada hari itu, kita ngomong baik-baik ngak di respon, paling juga kalo ngerespon Cuma dijawab “iya”, “tidak” atau “bisa jadi” *Loh?* :D kita senyum dianya malah cemberut, nah ngak enak banget kan? Eitsss, tunggu dulu, kita masih tetep ngak boleh berburuk sangka. Fikirkan dulu berpuluh-puluh, beratus-ratus atau kalo bisa beribu-ribu alasan kenapa dia bisa begitu.

            Jadi? Harus gimana kalo ngadepin orang model gitu? Biasa aja? Berprasangka baik, mungkin dianya lagi ada masalah atauuuu malah marah-marah sama orangnya? Options yang terakhir jangan sampai dilakuin yaaa, aduhh gak kebayang gimana masalah baru yang akan muncul, bisa-bisa yang ada kamu bisa berantem sama orang itu, gak boleh ya berantem, yayaya? Hehehe...

            Kalo kita ketemu orang yang kayak gitu, berprasangka baik aja, mungkin dia lagi ada masalah,lagi gak mood, istilah kerennya sih unmood,lagi laper atau mungkin juga lagi ada tamu bulanan, atau bisa juga lagi gak enak badan, seperti sariawan, sakit gigi,pusing atau sakit-sakit yang lainnya, nyelekit banget itu kan rasa sakitnya :D atau emang sebenernya salah kita? Mungkin kata-kata atau kelakuan kita yang salah, atau mungkin gara-gara kita belum bayar hutang ke dia? Hehehe atau.. atau..atau.. fikirkan sendiri alasan-alasan yang dapat mencegah kita berprasangka buruk dengan orang itu. Ngak boleh loh berprasangka buruk :’)

            Walaupun terkadang masih ‘dongkol’ aja rasanya tapi yaa legowo saja, coba deh kalo kita lagi ada di posisi orang ‘cuek’ itu, kita juga ngak mau kan di fikir yang ngak-ngak sama temen kita padahal sebenernya kita memang lagi ada masalah, Cuma timingnya aja belum pas untuk cerita.

            Tapi antisipasi aja, kalo kita memang lagi punya masalah bersifat jutek, cuek atau bahkan sampai marah-marah ke orang yang ngak tepat alias ngak ‘ngerti apa-apa’ itu bukan jalan keluar yang baik. Enak kalo orangnya bisa ngerti, nah kalo orangnya ngak seneng dengan sifat kita itu? Bisa jadi masalah baru yang lebih rumit lagi.

            Jadi? Harus gimana? Iyaa realisitis aja, fikirkan aja “toh urusan ini akan segera berlalu”, jangan belebih-lebihan alias membesar-besarkan masalah. Jangan lupa loh, kita kan selalu punya Allah :’)

Jangan sampai loh perbuatan ataupun kelakuan kita ini menyebabkan sakit hati dan air mata tumpah di mata sesama hamba-Nya. Bisa saja menurut kita biasa aja tapi siapa tahu kan ada yang bener-bener ngak bisa terima kelakuan kita yang kesannya ‘seenaknya’ itu.

            Postingan ini juga saya buat untuk mengingatkan diri saya sendiri dan sebenernya sedikit ‘curcol’ dengan kejadian yang sering saya alami hehe, kuncinya yaa jangan se’udzon (bad suspicion) alias berburuk sangka bagi yang ngadepin orang berwajah jutek dan cuek atau pun sejenisnya.

 Dan juga pesan saya untuk siapa pun *termasuk diri saya sendiri* jangan jadi orang bermental “moody”, ayolah masalah dirumah jangan dibawa-bawa ke sekolah, tempat kerja atau pun tempat-tempat lainnya. Masalah dengan si A jangan ditumpahkan dengan si B, kasiannn kan si B jadi kambing hitam, hehe.. ayolah belajar jadi orang yang profesional dan menempatkan masalah pada waktu, kondisi dan tempat yang tepat. Toh setiap orang kan punya masalah didalam hidupnya. Ayo sama-sama perbaiki diri dan jangan sampai kita melukai hati sesama hamba-Nya :’)

Semoga bermanfaat yaaa :’)
            
*Tih 240813 (17.00)

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar